Tips Mendengarkan Musik di Kantor

Spread the love

Bagi para pekerja kantoran yang harus menjalankan aktivitas sehari-hari di kantor dan di depan komputer, duduk selama berjam-jam, dan diharuskan menyelesaikan tugas secara tepat waktu, tentu saja akan mengalami kebosanan dan kejenuhan. Apalagi jika tugas kantor selalu banyak dan menumpuk, maka membutuhkan sesuatu yang bisa membuat hati rileks dan menjadi lebih tenang.

Banyak orang yang berusaha menghilangkan kejenuhan dengan cara mengobrol sesama teman kerja, jalan-jalan sejenak di area ruang kantor, meregangkan tubuh dan bangkit dari kursi, dan ada pula yang menghilangkan kepenatan dengan bergurau sama teman. Namun sebenarnya untuk menghilangkan rasa suntuk saat bekerja di kantor bisa dilakukan secara simple, yaitu dengan mendengarkan musik. Tidak bisa dipungkiri bahwa musik tentu disukai oleh setiap orang hanya saja setiap orang memiliki genre favorit yang berbeda-beda. Siapa sangka bahwa dengan mendengarkan musik saat bekerja di kantor bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang dan tidak terbebani dengan pekerjaan yang begitu banyak.

Apa Saja Etika Mendengarkan Musik di Kantor?

Setelah mengetahui tips menghilangkan kebosanan dengan mendengarkan musik, maka bisa mengisi file musik pada ponsel sehingga musik bisa menjadi teman saat bekerja di kantor. Bahkan ada pula yang sampai membeli portable music player untuk bisa mendengarkan lagu favorit setiap waktu. Meskipun mendengarkan musik merupakan cara paling simpel dan termudah untuk menghilangkan kepenatan saat bekerja di kantor, tetapi alangkah baiknya memperhatikan etika yang baik ketika mendengarkan musik. Bisa jadi apa yang kita sukai ternyata tidak disukai oleh orang lain. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika mendengarkan musik di kantor.

  1. Usahakan menggunakan headset

Mendengarkan musik tidak berarti memperdengarkan musik kepada yang lain, karena apa yang didengarkan belum tentu disukai oleh orang lain. Oleh karena itu, tips pertama untuk mendengarkan musik di kantor yaitu mengenakan headset sehingga orang di sekitar tidak terganggu. Mendengarkan musik menggunakan headset akan lebih jelas dan menyenangkan serta tidak mengganggu privasi orang lain.

  1. Atur volume musik yang minim

Kantor merupakan tempat bekerja, bukan tempat hiburan. Hiburan mendengarkan musik hanyalah untuk menghilangkan kepenatan saat bekerja saja. Meskipun menggunakan headset, bukan berarti bisa menyetel volume suara musik sesuka hati, apalagi jika di kantor bekerja dalam tim yang membutuhkan koordinasi. Untuk itu, bijaksanalah ketika mendengarkan musik dengan cara menyetel volume suara yang minim. Tujuannya yaitu supaya tetap bisa mendengarkan suara orang lain yang memanggil atau menginstruksikan sesuatu.

  1. Menyesuaikan playlist dengan mood

Saat bekerja di kantor harus tetap menjaga mood supaya stabil sehingga bisa menyelesaikan tugas dengan baik. Jika sudah mulai merasa penat maka bisa mendengarkan musik yang sesuai dengan mood. Dalam hal ini, musik menjadi media paling tepat untuk bisa mengubah bad mood menjadi good mood saat bekerja. Saat suasana hati sedang down dan pikiran sedang ruwet, maka hindari musik sedih, sehingga bisa memperbaiki mood. Begitu pula ketika sedang merasa kesal maka hindari mendengarkan musik hingar-bingar seperti halnya musik metal dan rock.

  1. Siapkan lagu yang akan diputar

Jangan menghabiskan waktu bekerja di kantor untuk download lagu. Hal ini justru membuat pekerjaan kantor semakin terbengkalai dan tidak lekas selesai. Oleh karena itu, siapkanlah lagu yang ingin diputar dan didengarkan di kantor saat bekerja sejak dari rumah. Tujuannya supaya waktu bekerja digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan bukan untuk sibuk mencari lagu yang ingin didengarkan. Dengan demikian maka manajemen waktu bekerja pun bisa tertata dengan baik sehingga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia.

  1. Jangan terlalu bersemangat dalam bersenandung

Saat mendengarkan musik yang disukai biasanya secara refleks akan mengikuti liriknya dengan senandung. Apalagi jika sudah mulai merasa suntuk dengan pekerjaan kantor yang begitu banyak. Namun usahakan untuk tidak terlalu bersemangat dan menggebu-gebu ketika menyenandungkan lagu, apalagi jika sampai bernyanyi dengan begitu lantang. Hal ini bisa membuat rekan kerja lainnya menjadi terganggu dan tidak fokus dalam bekerja.

  1. Mendengarkan musik bass heavy

Perlu diketahui bahwa ada banyak sekali genre musik yang bisa didengarkan. Namun ada beberapa genre musik yang cocok didengarkan ketika bekerja di kantor, salah satunya adalah bass heavy. Ketika mendengarkan musik ini maka bisa menciptakan rasa percaya diri serta energik di kantor. Namun akan lebih baik jika musik ini di dengarkan ketika sedang istirahat atau sebelum mengerjakan tugas. Musik ini bisa meningkatkan kepercayaan diri ketika sedang tidak melakukan aktivitas tertentu, karena ketika mendengarkan musik ini malah bisa jadi mengganggu jika didengarkan di situasi yang tidak tepat.

  1. Mendengarkan musik ambient

Perlu diketahui bahwa salah satu jenis musik yang bisa meningkatkan fokus dan kewaspadaan saat bekerja adalah musik ambient seperti halnya musik klasik. Ketika mendengarkan musik ini saat bekerja di kantor maka semua pekerjaan bisa dilakukan dengan baik karena membantu pikiran dan hati menjadi lebih tenang dan lebih fokus. Ada banyak sekali musik klasik yang bisa didengarkan dan memiliki irama yang sangat menenangkan.

Demikianlah tips mendengarkan musik saat bekerja di kantor. Dengan memperhatikan tips ini, maka bisa bekerja dengan tenang dan melepas kesuntukan.

error: Content is protected !!